Agama Para Nabi Rasul” ketegori Muslim. Assalaamu’alaikum wr. wbUstadz yang dirahmati ALLAH, pertanyaan saya singkat saja:Apa betul Nabi Isa adalah nabinya orang nasrani dan Nabi Musa adalah nabinya orang yahudi? Apa agamanya nabi Isa dan Nabi Musa? Apakah Nasrani dan Yahudi digolongkan sebagai agama atau suku bangsa?SyukronWassalaamu’alaikum wr. wbabu hanifah

Abu Hanifah

Jawaban

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,
Benar bahwa Nabi Isa alaihissalam adalah nabi resmi utusan Allah kepada umat nasrani. Dan benar pula bahwa Nabi Musa alaihissalam adalah nabi utusan resmi dari Allah kepada umat yahudi. Apa yang mereka berdua ajarkan kepada masing-masing umatnya adalah semata-mata agama yang berasal dari Allah SWT juga.

Dan di beberapa ayat Al-Quran, agama yang diajarkan oleh para nabi terdahulu itu juga bernama ISLAM. Sebagaimana pernyataan bapak tiga agama besar dunia, Nabi Ibrahim
alaihissalam

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub.: Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam.

Nabi Yusuf alaihissalam yang juga keturunan Bani Israil menyebut agamanya sebagai Islam. Perhatikan doa beliau seperti disebutkan di dalam firman Allah SWT berikut ini

Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.Hanya bedanya, para nabi terdahulu itu diutus secara limited khusus hanya kepada satu umat saja secara eksklusif. Sedangkan Nabi Muhammad SAW diutus kepada semua makhluk yang bernama manusia secara massal. Perbedaan kedua, nabi-nabi terdahulu punya expire date dalam risalahnya. Kalau sudah lewat masa expirenya, sudah tidak berlaku lagi. Sedangkan risalah Nabi Muhammad SAW punya life time warranty, sehingga aman digunakan sampai selesainya panggung dunia ini.

Namun intisari ajaran yang dibawa oleh semua nabi termasuk nabi Muhammad SAW sama saja. Yaitu mengimani bahwa tidak ada tuhan selain Allah SWT. Dan menjalankan semua perintah Allah SWT yang telah dibawa oleh para nabi itu. Kalau pun ada perbedaan, biasanya seputar detail teknis ibadah. Di mana secara umum, beban buat umat nabi Muhammad SAW diringankan Allah SWT seringan-ringannya.

.Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu…

.Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih.

Kalau umat Islam wajib shalat, zakat dan puasa, ternyata Allah SWT juga mewajibkan yahudi dan nasrani untuk melakukannya, meski ada sedikit variasi dalam teknisnya. Kalau Allah SWT mengharamkan umat Islam dari pembunuhan, perzinaan, pencurian, minum khamar, perjudian, ternyata hal yang sama dahulu juga diberlakukan kepada yahudi dan nasrani, namun dengan jenis hukuman yang lebih berat.

Kebetulan yahudi itu asal muasalnya adalah satu keturunan. Dan sering juga disebut dengan istilah Bani Israil. Makna bani adalah anak keturunan sedangkan Israil adalah nama lain dari Nabi Syu’aib. Beliau punya 12 orang anak, yang kesebelas bernama Yusuf alaihissalam dan kedua belas bernama Bunyamin. Ke-12 orang anak ini kemudian menjadi sebuah klan yang sangat besar dan disebut dengan anak-anak Israil . Kepada mereka diutus para nabi dan rasul dengan jumlah yang sangat banyak, salah satu di antaranya yang paling besar adalah nabi Musa alaihissalam.

Jadi bisa dikatakan bahwa agama yang turun kepada mereka itu khusus untuk mereka saja, baik sebagai sebuah keluarga, keturunan, klan, umat, bangsa atau apapun istilahnya. Wallahu a’lam bishshawab wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Ahmad Sarwat, Lc

Sumber Agama Para Nabi Rasul : http://www.salaf.web.id


Perbedaan nabi muhammad saw Dengan nabi terdahulu agama yang dibawa oleh nabi musa